
Disetiap sistem yang ada pada motor,
pasti harus mempunyai komponen agar sistem itu bisa berjalan dengan semestinya.
Begitu juga pada sistem injeksi, sistem injeksi haruslah mempunyai komponen
agar sistem itu bisa berjalan dengan semestinya. Dibawah ini saya akan
menjelaskan kepada sobat komponen komponen apa saja yang terdapat pada sistem
injeksi :
Injector pada sistem injeksi berguna
untuk menyemprotkan bensin ke bagian throttle body saluran masuknya bensin dan
bisa juga diatur ketika sebelum katup dimasukkan atau sobat mungkin mengenalnya
dengan sebutan nozzle. Penyemprotan sangat tergantung pada pembukaan injecktor,
karena akan disesuaikan waktunya yang diatur oleh "Engine Control Module
(ECM)". Karena pada ECM ini akan diatur berapa lama dan banyaknya
penyemprotan bensin.
2. Throttle Body

Jadi secara keseluruhan throttle
body adalah bagian dari sistem sistem injeksi yang memberikan asupan udara dan
berguna juga untuk mengontrol jumlah udara yang mengalir ke dalam mesin, Jika
sobat pernah membuka injeksi, Throttle body biasanya terletak antara saringan
udara dan intake manifold , dan biasanya melekat, atau dekat, sensor aliran
udara.
3. Engine Controle Module (ECM)
Pada bagian ini masih menyatu dengan
bagian throttle body, hanya saja pada bagian ini sangat berfungsi sebagai
pengatur durasi atau timming keluarnya pemasokkan bahan bakar ke bagian
injector. Pemasokkan atau penyuplain ke bagian injector haruslah dalam kondisi
yang optimal, karena sebagian besar pemasokkan bahan bakar ke dalam injector
diatur oleh sensor sensor yang ada didalam ECM.
4. Fuel Suction Filter

5. Fuel Pomp Module

6. Fuel Feed Hose
Merupakan bagian dari Fuel Pomp
Module, jika sobat pernah membongkar komponen yang terdapat pada sistem
injeksi. Sobat akan menemukan selang, selang ini yang dinamakan dengan Fuel
Feed Hose. Selang ini berguna mengalirkan bahan bakar kedalam injecktor. Jika
sobat mengalami kebocoran pada selang ini, sobat tidak boleh sembarangan
menggantikannya dengan selang yang lain. Haruslah dengan selang yang mampu
menahan tekanan bahan bakar akibat terjadinya pemompaan yang paling tidak mampu
menahan tekanan minimal 3kg.
7. Pressure Regulator
Agar ketika Fuel Pomp Module
melakukan suatu pemompaan dari tangki bahan bakar kedalam injector, diperlukan
juga alat yang dinamakan "Pressure Regulator". Kenapa diperlukan
Pressure Regulator ? Karena pada bagian ini berguna untuk mengatur tekanan agar
tetap dalam keadaan konstannya. Pada dasar nya tekanan normal yang ada didalam
sebuah sistem injeksi haruslah 294 kPa (3,0 kgf/c, 43 psi). Pressure Regulator
merupakan teknologi yang canggih. Kenapa disebut teknologi yang canggih ?
Karena pada saat tekanan bensin menuju injecktor melebihi 294 kPa (3,0 kgf/c,
43 psi), Pressure Regulator akan mengembalikan bahan bakar kedalam tangki
penyimpanan.
8. Engine Oil Temperature

Itulah komponen komponen yang sangat
mendasar pada motor yang menggunakan sistem injeksi. Akan tetapi dibalik
kecanggihannya sistem injeksi yang ada pada motor, pasti akan ada kelemahannya.
Dan semua itu sudah saya jelaskan pada artikel saya yang menjelaskan tentang keunggulan dan kelemahan sistem injeksi motor matic. Jadi bagi sobat yang
memilik motor dengan sistem injeksi, haruslah mengetahui komponen apa saja yang
ada didalamnya. Semoga artikel saya bisa menjadi landasan dan membantu sobat
agar lebih memahami tentang sistem injeksi.
2 comments:
top
Untuk kerusakan injeksi apa lebih mudah apa tidak cara perbaikan nya
catatan teknik
Post a Comment