Komponen Karburator Motor

Thursday, 2 May 2013

Sebelum sobat mengetahui komponen apa saja yang ada didalam karburator, sobat haruslah mengetahui apa arti dari karburator ? Karburator merupakan tempat yang berada dalam mesin yang berguna sebagai tempat bercampurnya antara udara dan bahan bakar motor, yang akan menghasilkan campuran udara dan bahan bakar menjadi pembakaran yang ideal, agar motor sobat bisa berjalan atau bisa dikendarai.

Dalam bentuknya yang simpel, karburator mempunyai peranan yang amat sangat vital dalam pengoperasian motor sobat. Kenapa peranan karburator pada motor sangatlah vital ? Karena hanya karburator lah yang mengatur pembakaran antara udara dan bahan bakar motor sobat menjadi pencampuran yang membuat motor anda menjadi bisa jalan atau dioperasikan.

Karburator mempunyai komponen komponen yang sangat penting didalamnya. Dimana komponen itu haruslah sobat jaga agar keadaan karburator dan mesin motor sobat tetap dalam keadaan stabilnya. Komponen komponen dalam karburator antara lain :

1. Baut pengatur udara
Didalam karburator ada yang disebut dengan baut pengatur/penyetel udara. Baut ini berfungsi untuk menyetel putaran udara atau mingkin sobat lebih akan mengenalnya dengan sebutan stasioner (idle). Cara menyetel baut ini cukuplah mudah, sobat hanya perlu memutar baut ini ke kanan ataupun ke kiri. Perlu sobat perhatikan juga keadaan baut penyetel udara sobat. Karena apabila baut sobat sudah mulai aus, putaran pada baut untuk menatur stasioner pada karbu sobat akan sulit dilakukan. Kenapa ? karena ketika baut menjadi aus putara stasioner sulit didapatkan dan akan menyebabkan pengaliran udara menjadi tidak teratur dan akan mengalir ke celah celah baut yang sudah aus.

2. Pelampung
Janganlah salah sobat, pelampung itu bukan hanya digunakan oleh orang yang ingin berenang. Didalam karburator pun ada yang namanya pelampung. Pelampung ini berguna untuk mengatur ketinggian bahan bakar, agar tetap dalam ketinggian yang ideal di dalam karburator. Kenapa harus ada pelampung didalam karburator ? Karena apabila tidak ada karburator pemasokan bahan bakar kedalam karburator akan menjadi tidak terkontrol. Menyebabkan mesin pada motor sobat menjadi banjir dan mengakibatkan mesin motor menjadi tidak bisa menyala, bahkan mesin motor sobat bisa menjadi rusak. Tapi perlu sobat ketahui, tidak menutup kemungkinan juga jika pelampung pada karburator tidak bisa bocor atau terendam bahan bakar. Jadi ada baiknya ketika sobat akan menservice motor, diperiksa juga keadaan pelampung. Apakah masih layak pakai dan masih bagus ? Atau sudah tidak layak pakai dan sudah mengalami kebocoran ? Jadi cobalah secara rutin memeriksa keadaan pelampung karburator sobat.

3. Main Jet dan Pilot Jet
Karburator memang bertugas atau berfungsi untuk tempat mengatur percampuran udara dan bahan bakar, akan tetapi karburator dibantu juga dengan komponen yang dinamakan "Main Jet dan Pilot Jet". Kedua komponen ini memang berfungsi juga sebagai percampuran udara dan bensin. Lalu apa yang membedakan kedua komponen ini dengan karburator ? Saya akan menjelaskan terlebih dahulu kepada sobat apa itu Main Jet dan Pilot Jet. Main jet berguna sebagai tempat percampuran antara udara dan bahan bakar ketika motor sobat mengalami perputaran pada tingkat yang tinggi, seperti sobat sedang mengendarai motor dengan kecepatan penuh. Sedangkan Pilot Jet berguna sebagai tempat percampuran udara dan bahan bakar ketika motor mengalami perputara pada tingkat yang rendah.

4. Katup Jarum
Katup jarum dan pelampung merupakan satu komponen yang harus tetap bersama dan tidak boleh dipisahkan. Karena pelampung sangat membutuhkan yang dinamakan dengan katup jarum. Katup jarum berguna sebagai penutup lubang saluran bensin yang akan mengalir ke ruangan pelampung. Ketika bensin yang mengalir keruangan pelampung sudah ideal atau sudah pada takarannya, maka akan dengan otomatisnya katup jarum pelampung akan menutup dengan sendirinya. Tapi bukan berarti katup jarum yang sering terkena bahan bakar tidak akan mudah rusak, justru akan menyebabkan katup jarum menjadi aus, ketika katup jarum sudah mengalami keausan, maka akan menyebabkan penutupan pada pada saluran bensin menjadi tidak rapat. Sehingga pada penyaluran bensin akan menjadi tidak terkontrol dan akan menyebabkan penyuplain bensin menjadi berlebihan. Sehingga bensin akan membanjiri mesin motor sobat. Dan motor sobat menjadi tidak bisa menyala dan akan mengakibatkan kerusakan pada mesin motor.

5. Jarum Skep
Jarum skep sangat lah berguna untuk menentukan jumlah masuknya campuran antara udara dan bahan bakar. Penyetelan jarum skep sangatlah berpengaruh dalam jumlah masuknya campuran udara dan bahan bakar. Pengaturan jarum skep ini dapat distel dengan memindah mindahkan posisi ring pada jarum skep tersebut. Jarum skep ini terpasang pada skep motor sobat.

Itulah komponen komponen yang penting di dalam karburator motor sobat, jagalah dan selalu periksa keadaan setiap komponen di dalam karburator motor sobat, agar tetap terjaga performanya, enteng dan enak di kendarai. Dan pastinya agar sobat selaku pengendara merasa aman ketika mengendarai motor.