Manfaat Speedometer Motor

Monday 6 May 2013


Meneliti komponen komponen di dalam sebuah sepeda motor tidak akan pernah ada habis habisnya. Kenapa bisa begitu ? Karena seperti yang sobat ketahui didalam setiap sepeda motor terdapat banyak komponen yang amat sangat lah sulit untuk diteliti. Dan untuk meneliti setiap komponen tersebut sobat haruslah terlebih dahulu mengetahui cara dan tekhnik membongkar suatu komponen pada sepeda motor.

Seperti pada artikel saya sebelumnya yang membahas Komponen Karburator Motor.  Sobat pasti akan lebih ingin mengetahui setiap komponen komponen pada karburator lebih mendalam lagi. Agar sobat lebih paham dan memahami kegunaan dari setiap komponen karburator sepeda motor.

Di artikel saya kali ini, saya akan menjelaskan kepada sobat secara garis besar kegunaan dari speedometer. Sobat pasti sangat lah tidak asing ketika sobat mendengar kata speedometer. Iya, speedometer yang sering dilihat ketika sobat akan menaiki sepeda motor. Bagian dari motor yang paling mudah dilihat, paling gampang diketahui kegunaannya.

Secara garis besar speedometer berguna untuk mengetahui kecepatan laju sepeda motor, mengetahui keadaan transmisi (pada motor bergigi), mengetahui tingkat keadaan bahan bakar, mengetahui keadaan lampu motor (baik itu lampu sein, maupun lampu sorot atau lampu biasa).

Banyak sekali kejadian belakangan ini ditemukan. Bahwa pengendara motor suka mematikan atau memutuskan aliran speedometer, yang menyebabkan pengendara tidak mengetahui seberapa cepat si pengendara melaju, seberapa banyak sisa bahan bakar pada motor, bahkan jika sobat tidak sadar bisa lupa dimana keadaan posisi transmisi pada motor sobat, sehingga ketika sobat akan menaikan transmisi pada motor sobat malah menjadi transmisi neutral.

Meskipun hal semacam ini sepele, namun sangat membahayakan bagi sobat sendiri selaku pengendara. Karena secara tidak sadar sobat sedang mencari suatu kecelekaan pada diri sobat sendiri. Speedometer sangat lah penting bagi sobat. Jadi jangan menyepelekan speedometer, karena apalah artinya speedometer tidak berfungsi ? Itu sama sekali tidak berguna bagi sobat, malah akan mencelakakan sobat sendiri.

Jadi sobat haruslah merawat motor sobat sendiri, karena kalau bukan sobat yang merawat siapa lagi yang akan merawat motor sobat. Sobat juga harus tau cara merawat motor matic, saya sudah menjelaskan pada artikel saya sebelumnya tentang Cara Merawat Motor Matic Yang Baik Dan Benar .

Setiap komponen sepeda motor sangat lah penting, karena jika tidak ada satu saja komponen pada motor tersebut, maka motor tersebut tidak akan berjalan dengan semestinya. Besar dan kecilnya semua komponen pada motor harus sobat jaga baik baik. Agar sobat nyaman dan selamat dalam berkendara.

0 comments:

Post a Comment