Mengulas Permasalahan Kenapa Motor Matic Lebih Boros Daripada Motor Bebek

Friday 26 April 2013

Bagi sobat yang mempunyai motor matic, pasti akan merasa heran. Kenapa ya motor matic lebih boros di banding motor bebek (motor yang mempunyai perseneling/gigi) ? Tentulah motor matic itu sangat boros bahan bakar ketimbang motor gigi. Karena motor matic mempunyai gear yang lebih banyak ketimbang motor bebek, dimana kalau motor matic secara otomatis akan berganti gear di dalam cvt. Berbeda dengan motor bebek yang harus memasukan perseneling terlebih dahulu sebelum berjalan. Dan disamping itu motor matic haruslah mencapai RPM (Rotasi Per Menit) untuk dapat melaju, berbeda dengan motor bebek yang dapat mengatur ritme RPM dengan cara menurunkan perseneling/gigi pada motor bebek tersebut sehingga mengurangi daya bahan bakar yang lebih banyak di bandingkan dengan motor matic.

Perlu sobat perhatikan juga dalam melakukan gas pada motor matic. Jangan lah sobat sering menaikkan gas motor ketika sobat sedang mengendarai motor matic sobat. Kenapa ? Karena ketika sobat dalam keadaan pelan sobat dengan secara tiba tiba menarik gas dengan cepat, akan cepat menyedot bahan bakar motor matic sobat membuat bahan bakar motor matic sobat menjadi boros.

Ketika sobat sudah merubah settingan mesin pada motor matic sobat, seperti mengganti knalpot, roller, per CVT dan sudah bermain dengan perapian motor matic sobat. Maka akan sangat berpengaruh pada emisi bahan bakar motor matic sobat yang akan lebih boros bahan bakar. Jadi, untuk menghindari lebih borosnya motor matic sobat, akan jauh lebih baik jika sobat tetap mempertahankan keadaan motor matic sobat dalam keadaan standar.

Setelah sobat mengetahui kenapa motor matic itu sangat boros, saya akan dengan senang hati akan memberikan sobat solusi yang baik dan benar untuk mengatasi borosnya bahan bakar pada motor matic sobat :

1. Sobat haruslah rajin dalam membersihkan karburator pada motor matic sobat. Kenapa ? Karburator sangatlah penting  dalam pembuangan bahan bakar pada motor matic sobat.

2. Sobat jangan lah sering sering memainkan gas pada saat mengendarai motor matic sobat, karena itu akan sangat berpengaruh besar kecilnya pengeluaran bahan bakar pada motor matic sobat.

3. Sobat haruslah pandai memilih oli. Kenapa ? Oli sangat lah berpengaruh di dalam mesin, yang membuat banyak pergesekan material di dalam mesin. Kalau oli sobat murah atau tidak cocok dengan mesin sobat akan membuat mesin sobat tidak stabil dalam pergesekan setiap material didalam mesin sobat, suhu mesin sobat akan cepat tinggi, mesin sobat akan lebih berat untuk di gas nya. Dan akan mengakibatkan mesin sobat menjadi haus bensin dan akhirnya motor matic sobat menjadi boros.

Demikian lah tips dan saran saya kepada sobat untuk menghindari borosnya bahan bakar pada motor matic sobat. Saya yakin akan sangat bermanfaat bagi sobat, apalagi bagi sobat yang sering berpergian jauh dengan motor matic sobat.

6 comments:

Unknown said...

yupz.. bener bro.. itulah bedanya matic dengan motor bebek yang paling nyata

Unknown said...

kalau gk mau boros, pake sepeda aja gan... iritt.. :P

Unknown said...

good inpohhhh......(y)

Unknown said...

info yang bermanfaat

Unknown said...

Kebetulan motor ane Matic, nice info gan

Unknown said...

bener banget gan

Post a Comment