Keunggulan Dan Kelemahan Sistem Injeksi Motor Matic

Tuesday 30 April 2013


Sobat perlu tahu apa itu injeksi. Injeksi merupakan sistem yang memberikan atau menyuplai bensin kepada mesin sesuai dengan kebutuhan mesin. Dengan cara menyemprotkan bahan bakar yang sudah ditakarkan oleh sensor sensor, membuat sistem injeksi jauh lebih irit dibandingkan dengan motor dengan karburator.

Jaman sekarang banyak motor matic yang menggunakan sistem injeksi. Selain untuk menarik peminat pembeli kendaraan motor matic, berguna juga agar lebih ramah lingkungan karena tidak boros bahan bakar.
Berikut saya akan berikan kepada sobat informasi. Kenapa motor matic yang menggunakan injeksi lebih bagus daripada motor  matic dengan sistem karburator :

1. Bahan bakar lebih irit jika motor matic menggunakan sistem injeksi dibandingkan dengan karburator. Kenapa ? Karena ketika terjadi percampuran udara dan bahan bakar selalu akurat yang sudah ditakarkan oleh sensor sensor. Sehingga penggunaan bahan bakar lebih diminimalisir lagi.

2. Perawatan motor yang sangat mudah ketika motor matic sobat menggunakan sistem injeksi. Karena motor matic dengan sistem injeksi lebih tahan lama dibanding dengan motor matic menggunakan sistem karburator. Cukup dengan menyemprotkan yang dinamakan dengan "injection cleaner" motor dengan sistem injeksi langsung bisa digunakan kembali tanpa harus membongkar motor seperti yang menggunakan sistem karburator.

3. Motor matic dengan sistem injeksi akan lebih ramah lingkungan, karena pada saat pembakaran pada mesin motor terjadi pembakaran yang sempurna sehingga menimbulkan emisi yang lebih meminimalisir.

4 Motor matic dengan sistem injeksi akan lebih cepat waktu servicenya. Karena motor matic yang menggunakan sistem injeksi berkonsep atau sudah diatur dengan bebas perawatan. Cuman dengan membersihkan bagian filter udara dan busi serta klep. Motor matic dengan sistem injeksi bisa langsung dipakai kembali.

5. Mesin motor yang mudah dihidupkan dengan sistem injeksi tanpa harus terpengaruh pada kondisi cuaca saat itu. Karena pada motor matic yang menggunakan sistem injeksi mempunyai pengaturan suhu yang terdapat pada bagian sensor mesin.

Dibalik keunggulan motor matic dengan sistem injeksi. Sistem ini juga mempunyai kelemahan. Saya akan memberikan beberapa kekurangan yang terdapat dalam motor matic dengan sistem injeksi :

1. Sistem injeksi tidak bisa di service di sembarangan bengkel. Harus bengkel resmi yang bisa menservice motor matic dengan sistem injeksi, karena motor dengan sistem ini tidak dapat dengan mudah diservice atau di bongkar seperti motor dengan sistem karburator.

2. Motor matic dengan sistem injeksi apabila terjadi kerusakan pada sparepartnya harus diganti dengan harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan motor matic dengan sistem karburator. Selain harga sparepartnya yang jauh lebih mahal, motor dengan sistem injeksi memerlukan alternator atau sobat mungkin lebih mengenalnya dengan sebutan alat pembangkit listrik. Motor dengan sistem injeksi memerlukan alternator yang jauh lebih besar dibandingkan dengan motor sistem karburator.

3. Motor matic dengan sistem injeksi sangatlah sensitif dengan masalah kelistrikan. Kenapa motor matic dengan sistem injeksi lebih sensitif dibandingkan dengan mesin karburator ? Karena motor matic dengan sistem injeksi diatur secara keselurahan oleh mesin elektronik yang terdapat sensor sensor khusus di dalam mesin motor matic sobat.
 
Demikian saya beritahukan kepada sobat mengenai kelebihan dan kekurangan motor matic dengan sistem injeksi dibandingkan dengan sistem karburator. Sobat pasti akan lebih memilih dengan sistem injeksi karena selain irit, ramah lingkungan dan model penservice motornya pun gampang. Tapi semua itu dikembalikan lagi kepada sobat yang ingin membeli motor matic, karena tergantung selera sobat sendiri lebih baik yang menggunakan sistem injeksi atau dengan sistem karburator. Semoga artikel yang saya buat sesingkat singkatnya dapat bermanfaat buat sobat.


7 comments:

Unknown said...

woww.. ternyata bisa lebih irit yah, n perawatannya lebih mudah

Unknown said...

sampai saat ini motor matic yang udah sistim injeksi apa aja gan?

Unknown said...

keren udh kyk mobil udah pke sistem injeksi

Unknown said...

info yang bermanfaat bagi para pencinta motor matic

Unknown said...

Ane baru tau injeksi setelah baca postingan agan.. thanks

Wahyu Adi Wibowo said...

ikut polling dimari bos

http://survei-motor.blogspot.com/2013/07/polling-apa-momok-terbesar-motor-injeksi.html

Mas Rodhi said...

kira-kira kekuatan motor injection berapa tahun? kalau dihitung Kilometer berapa Kilometer kekuatannya? karena saya baru saja beli motor Vario full injection,,,

Post a Comment