Mengulas Permasalahan Kenapa Knalpot Motor Matic Sering Menembak

Monday 29 April 2013


Bagi sobat yang memiliki kendaraan motor matic, pasti suka kaget tiba tiba di jalan knalpot motor matic sobat mengeluarkan bunyi yang keras seperti orang sedang menembak. Banyak faktor yang menyebabkan kenapa knalpot motor matic sobat mengeluarkan bunyi yang keras tersebut. Saya akan memberikan faktor faktor yang menyebabkan knalpot motor matic sobat sering mengeluarkan suara tembakan :



1. Sobat pasti yang punya motor matic pasti sudah mengetahui ketika sobat lagi menaikan gas motor matic sobat lalu tiba tiba sobat mengerem, terkadang suka terjadi suara tembakan dari knalpot motor matic sobat. Maka orang yang sedang berada disekitar sobat akan kaget bahkan sobat pun akan kaget juga karena mendengar suara tembakan dari knalpot motor matic sobat. Masalah seperti ini sering terjadi di setiap motor matic yang mengalami pembakaran atau penyuplaian bahan bakar yang tidak sempurna. Mengakibatkan emisi pada motor matic anda tidak stabil dan mengakibatkan keluar suara seperti tembakan dari motor sobat.

2. Bagi sobat yang jarang memeriksa keadaan busi motor matic sobat, bisa menjad
i faktor timbulnya suara tembakan dari motor matic sobat. Kenapa busi bisa menjadi faktor timbulnya suara ledakan ? Umur busi yang sudah tidak layak dipakai bisa menjadi sebab knalpot motor matic sobat mengeluarkan suara tembakan. Karena keadaan busi sobat yang berkerak dan elektroda yang terdapat dalam busi sudah terlalu basah menyebabkan pengapian atau percikan api pada busi menjadi tidak bagus dan tidak stabil.

3. Jika sobat pernah membongkar bagian dalam mesin motor matic sobat, sobat akan menemukan di dalam mesin sobat berupa "pilot". Jika pilot pada bagian mesin motor matic sobat terlalu kecil, maka akan menyebabkan keadaan knalpot motor matic sobat sering mengeluarkan suara tembakan.

4. Jika knalpot sobat masih sering mengeluarkan suara tembakan, alangkah baiknya jika sobat memeriksa keadaan packing knalpot motor matic sobat. Packing knalpot yang telah rusak atau sudah tidak layak dipakai, akan membuat celah antara bagian ujung knalpot yang dikunci dengan bagian mesin motor matic sobat menjadi ada celah. Celah inilah yang membuat saluran pembuangan pada mesin motor matic sobat dengan knalpot mengalami kebocoran. Akibat kebocoran pada celah in
i membuat knalpot motor matic sobat mengeluarkan suara tembakan.

Beberapa faktor diatas saya infokan kepada sobat, agar sobat lebih mengenali dan mengetahui penyebab terjadinya suara tembakan yang terjadi pada knalpot motor matic sobat. Sobat haruslah memperhatikan keadaan knalpot, mesin dan unsur unsur lainnya dalam motor matic sobat. Mencegah lebih baik sobat lakukan agar keadaan motor matic sobat tetap dalam keadaan yang stabil dan aman. Sangat berguna bagi sobat sendiri yang berkendara agar aman dan selamat diperjalanan ketika sobat mengendarai motor matic sobat.


4 comments:

Unknown said...

ohh ternyata itu toch permasalahaanya, thankz bro infonya

Unknown said...

terima kasih yang sebesar2nya atas inpohnya ya

Unknown said...

sekarang udah tau deh kenapa knalpot sering nembak. thx sob

Unknown said...

berguna buat motor ane nih gan

Post a Comment