Cara Menghidupkan Motor Yang Baik

Thursday, 30 May 2013

Halo sobat motor, kembali lagi dengan saya yang akan selalu memberikan informasi yang menarik seputar motor di setiap harinya. Pada artikel saya sebelumnya saya telah menjeleskan cara merawat jok motor yang baik dan benar. Namun pada artikel saya kali ini, saya akan menjelaskan kepada sobat mengenai cara menghidupkan motor yang benar. Pasti sobat sudah paham dan ahli dalam menghidupkan motor sobat. Akan tetapi apakah sobat sudah mengetahui bagaimana cara mengidupkan motor yang benar ? Menghidupkan motor memang sangat mudah, apalagi dengan keberadaan starter listrik yang ada di bagian sebelah kanan handle pada stang motor sobat. Akan tetapi pada saat-saat tertentu, kemudahan tersebut hendaknya sobat kurangkan. Kenapa harus dikurangkan kebiasaan menggunakan starter ? Agar motor sobat tetap awet. Jadi, bagaimana sebenarnya cara menghidupakan motor yang baik itu? Berikut beberapa pesan dan tips yang saya akan berikan kepada sobat.

Setelah saya survey ke beberapa bengkel yang ada disekitar rumah saya. Setiap mekanik memberikan informasi kepada saya, bagaimana cara menghidupkan motor yang benar. Pada waktu-waktu tertentu, sobat seharusnya tidak langsung memencet starter listrik yang umumnya ada di bagian kanan stang. Karena Hal ini akan membuat daya aki akan tersedot secara langsung dan dapat menjadikannya cepat rusak (tekor) karena bekerja agak berat untuk menghidupkan mesin yang sering tidak berhasil dalam satu atau dua kali pencetan pada starter motor sobat.
Menghidupkan motor pada saat-saat tertentu, seperti ketika di pagi hari dalam suasana dingin, lama tidak terpakai di garasi, atau sewaktu kita ambil dari penitipan motor disarankan untuk menggunakan kick starter atau starter kaki. Jika sobat belum memahami cara kick starter yang distarter dengan menggunakan kaki, berikut langkah-langkahnya:

1. Pakailan kick starter beberapa kali tanpa menghidupkan kunci kontak. Hal ini untuk membiarkan oli menyebar sempurna melumasi mesin.

2. Tarik tuas Choke yang umumnya ada di sebelah kiri stang untuk menutup celah udara dan mensuplai bensin dengan kuantitas yang lebih banyak agar mesin cepat hidup.

3. Setelah beberapa waktu mesin hidup, tarik kembali tuas Choke ke posisi minim agar campuran bensin dan udara kembali normal sesuai setelan.

4. Manfaatkan electric starter hanya ketika mesin masih panas untuk menghemat kualitas daya simpan aki.

5. Usahakan untuk tidak memencet electric starter ketika mesin telah hidup karena hal itu tidak baik untuk sistem kelistrikan motor

Begitulah cara menghidupkan motor yang baik, ketika sobat sudah lama tidak menggunakan motor sobat
Jika sobat melakukan apa apa yang sudah saya infokan, pasti motor sobat akan awet dan tahan lama dalam pengapian dan aki. Jika sobat memperlakukan dan menjaga dengan baik motor sobat, tentu akan mengurangi frekuensi atau kemungkinan motor sobat harus pergi di perbaiki ke bengkel. Semoga apa yang sudah saya infokan kepada sobat bisa menambah ilmu pengetahuan sobat mengenai cara menghidupkan motor yang baik dan benar.

3 comments:

Unknown said...

maaf, motor saya enggak ada kick starternya. gimana dong?

nlz said...

klo 1-2x pencet belom nyala juga berarti motornya harus servis.
klo gak buat apa dikasih electric starter ma pabriknya. buktinya mobil selalu pake elektrik aja gak rusak. ya pasti ampere aki ma kebutuhan dinamo starter dah dihitung pabrik yg bikin.

Unknown said...

@nlz: idem,,setuju mas bro,, semua sudah diperhitungkan engineer pabrikan,,, kalau merusak atau tidak awet fungsinya,,, berarti itu motor Produk Gagal!! N pabrikannya tak usah dipercaya,, engineer mereka goublok berarti.

Post a Comment